Skip to main content

Definisi Organisasi


Kesempatan ini saya ingin mengulas sedikit tentang organisasi. Pastinya kata Organisasi sudah tidak asing bagi kita semuanya. dan bahkan sebagian dari kita sudah sangat paham tentang organisasi bukan sekedar mengetahui arti istilah itu saja. dan tentu saja saya yakin kawan-kawan pasti sudah banyak yang bergabung di Organisasi. Pada dasarnya tulisan ini dibuat hanya untuk mengingatkan  kepada kita semuanya sekaligus mempermudah mencari tau apa itu organisasi, khususnya bagi kalian yang mungkin masih belum tahu banyak tentang Organisasi.


Nah. yang perlu kita ketahui diawal adalah arti kata atau definisi dari Organisasi itu sendiri.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (materi, waktu, pikiran, dan tenaga), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Selain itu beberapa pakar dan ahli juga mengemukakan pendapatnya (wikipedia) :

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama 
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Dari pengertian diatas sudah banyak contoh organisasi yang kita ketahui. Organisasi Politik, Organisasi Keagamaan, Organisasi Masa, Organisasi mahasiswa dan lain sebaganya. Semua itu adalah bagian dari begitu banyak organisasi yang ada.

Untuk artiket pertama mengenai definisi Organisasi cukup sampai disini dulu. di Artikel berikutnya akan ada penjelasan tentang unsur-unsur dan pembagian tugas dalam Organisasi.


selanjutnya, apa yang perlu dibahas tentang organisasi??

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-ciri Organisasi

Pada tulisan kali ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri, manfaat, tujuan dan tipe dari organisasi. Selamat membaca.  Ciri-ciri organisasi Ciri-ciri utama dalam organisasi berdasarkan pengertian sederhana, dan secara lebih rinci organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal, Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan ( interdependent part ) yang merupakan kesatuan kegiatan, Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa; pemikiran, tenaga, dan lain-lain, Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan, Adanya tujuan yang ingin dicapai. Dari sini, muncul beberapa defenisi tentang organisasi dari beberapa tokoh ahli, salah satu diantaranya: Menurut  Chester Irving Barnard  seorang Eksekutif Bisnis Amerika (1938) dalam bukunya “ The Executive Functions ” mengemukakan bahwa: “ I define organization as a system of cooperatives of two more persons ” (Organisasi adalah sistem kerja

SISTEM ORGANISASI

A.      Pendahuluan Organisasi merupakan suatu kerangka hubungan yang berstruktur di dalamnya dan berisi wewenang, tanggungjawab dan pembagian tugas untuk menjalankan sesuatu fungsi tertentu. Sedangkan sistem adalah sejumlah satuan yang berhubungan antarsatu dengan lainnya sedemikian rupa sehingga membentuk suatu kesatuan yang biasanya berusaha mencapai tujuan tententu. Sesuatu diakatakan sebagai sistem jika terjadi hubungan atau interrelasi dan interdepensi baik internal maupun eksternal antar subsistem. Jadi organisasi adalah bentuk suatu sistem yang di dalamnya mempunyai struktur yang berbeda antar satu organisasi dengan yang lainnya. Dipandang sebagai sebuah sistem, suatu organisasi merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat sub sistem, dimana sub sistem ini juga memiliki sub sub sistem, dan seterusnya. Sebagai sebuah sistem, untuk dapat berfungsi dengan baik maka setiap bagian dari sistem didalam tubuh organisasi ini harus dikoordinasikan dengan baik sehingga tercipta suatu k